Interpersonal Skill: Upaya Peningkatan SDM Unggul Dunia Pendidikan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Egabetha Amirah Yudhaputri

Abstract

Pertumbuhan Bisnis di era revolusi industri 4.0 atau sering disebut sebagai era digitalitasi ini membutuhkan keselarasan dengan perkembangan sumber daya manusia (SDM). Perkembangan sumber daya manusia ini dapat dilihat baik dari segi hard skill maupun soft skill. Institusi pendidikan turut berperan dalam pengembangan SDM untuk dapat siap pakai di dunia industri setelah lulus. Proses pendidikan dalam baik jenjang pendidikan diploma maupun sarjana turut berperan aktif dalam hal ini. Peningkatan Soft skill berupa interpersonal skill menjadi salah satu penunjang utama dalam industri yang bergerak di bidang jasa ataupun hospitality. Pada penelitian ini akan membahas keterkaitan peningkatan interpersonal skill dalam penerapan bidang jasa, hospitality. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dimana data yang diperoleh dari literatur dan hasil survey yang dilakukan dalam salah satu jejang pendidikan di Jakarta. Hasil penelitian menggambarkan bahwa interpersonal skill dibutuhkan pada pekerja dari bidang jenis industri apapun. Penelitian menyatakan sikap dan perilaku merupakan elemen dalam interpersonal skill memiliki peranan penting dalam proses adaptasi para karyawan sehingga melaksanakan tugas dan pekerjaan dalam perusahaan terutama bidang jasa yang berhubungan langsung dengan klien dilaksanakan secara optimal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##