PERENCANAAN PONDASI BORED PILE PROYEK DOUBLE-DOUBLE TRACK MANGGARAI – JATINEGARA


Dina Suryani, Fitri Indriyani, Aisyah Salimah

Abstract


Pondasi merupakan struktur yang sangat penting karena mempunyai fungsi untuk memikul beban bangunan diatasnya (upper structure) dan berhubungan langsung dengan tanah. Pondasi yang direncanakan harus mampu untuk menahan beban dalam arah aksial maupun dalam arah lateral. Dalam perencanaannya, perhitungan perencanaan pondasi bertujuan untuk mengetahui daya dukung aksial dan lateral, penurunan, kecepatan penurunan pondasi, serta penulangan. Dari berbagai variasi dimensi untuk perencanaan tiang pondasi penulis memilih pondasi dengan diameter 120 cm dengan panjang tiang 25 meter dan jumlah tiang sebanyak 9 tiang pondasi.  Melalui perhitungan perencanaan pondasi bored pile pada Proyek Double – Double Track Manggarai – Jatinegara BP – 37 dengan dimensi yang direncanakan didapat daya dukung aksial dengan metode NSPT sebesar 707,33 ton dan metode Reese and Wright sebesar 1303,27 ton untuk tiang tunggal. Daya dukung aksil grup sebesar 5614,31 ton. Hasil daya dukung lateral 230,4 ton kondisi jepit untuk tiang tunggal dan 1828,75 ton untuk tiang grup. Penurunan yang terjadi pada pondasi bored pile pier BP – 37 sebesar 0,04623 mm untuk penurunan elastis tiang tunggal dan 14,6 mm untuk penurunan elastis tiang grup. Sedangkan penurunan konsolidasi didapatkan hasil sebesar 5,925 mm. Hasil perhitungan penulangan menggunakan 18 tulangan D29 mm untuk tulangan longitudinal dan tulangan Ø16 mm dengan jarak 250 mm untuk tulangan sengkang.

Kata Kunci : tiang bor, daya dukung, penurunan, penulangan

Full Text:

PDF

References


Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan NSPT, Bandung: Badan Standardisasi Nasional, 2008.

T. I. P. N. Jakarta, "Laporan Pendukung Geoteknik Dan Mekanika Tanah," TIM IBIKK Politeknik Negeri Jakarta, Tangerang, 2017.

R. F. Agustin, "Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Data Sondir (CPT) Untuk Gedung BPJS Jakarta Pusat," Proyek Akhir, pp. 62-80, 2018.

Z. N. Arifin, Pondasi, Bandung: Penerbit Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik, 1995.

B. M. Das, Principles of Foundation Engineering 7th edition, Stamford: Cengage Learning, 2007.

J. E. Bowles, Foundation Analysis and Design, Singapore: The McGraw-Hill Companies, Inc, 1997.

SNI Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan, Jakarta: Badan Standardisasi Nasional, 2005.

SNI Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, Bandung: Badan Standardisasi Nasional, 2002.

M. Tomlinson, Pile Design and Construction Practice, London: Taylor and Francis Group, 1977.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.