PERENCANAAN ULANG BENDUNG TETAP PLTMH UWE, JAYAWIJAYA, PAPUA


Dilla Haryanti, Ferucha Chairaini Putri, Desi Supriyan

Abstract


Mata kuliah bendung untuk irigasi adalah salah satu yang telah dipelajari pada perkuliahan semester 5. Sementara itu, pemanfaatan bendung tidak hanya untuk irigasi tetapi juga untuk banyak hal. Salah satunya pemanfaatannya adalah untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Hal ini mendorong agar dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari untuk pengaplikasian yang berbeda. Perencanaan ini dilakukan untuk mengalisis hidrologi untuk menentukan debit banjir dan debit andalan, merencanakan bendung, dan mengontrol stabilitas bendung. Metode perencanaan ini yaitu dengan analisis perhitungan menggunakan Excel dengan mengacu pada Kriteria Perencanaan Tahun 2013. Berdasarkan hasil perencanaan didapatkan mercu bendung dengan jari-jari 1 m; tinggi mercu 3,7 m; bentuk mercu yaitu bulat dengan 1 radius; perbandingan kemiringan di bagian hulu mercu sebesar 1:2 dan di bagian hilir mercu sebesar 1:1; panjang lantai muka 39,4 m; tebal lantai muka 0,7 m; jari-jari kolam olakan 4,1 m; elevasi dasar kolam olakan +2162,50; elevasi pudel +2164,45; tebal lantai kolam olakan 2,5 m; perbandingan kemiringan daerah yang dipasang rip rap sebesar 1:5. Melalui kontrol stabilitas terhadap tubuh bendung dari ketiga persyaratan semuanya dinyatakan dalam kondisi aman.

 

Kata kunci : Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, Bendung, Kriteria Perencanaan.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Pedoman Pengelolaan Lingkungan Hidup Bidang Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Jakarta : Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, 2017.

Direktorat Jendral Sumber Daya Air Direktorat Irigasi dan Rawa, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama (Headworks) KP-02. Bandung : Kementrian Pekerjaan Umum, 2013.

Direktorat Jendral Sumber Daya Air Direktorat Irigasi dan Rawa, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan KP-04. Bandung : Kementrian Pekerjaan Umum, 2013.

Direktorat Jendral Sumber Daya Air Direktorat Irigasi dan Rawa, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Standar Penggambaran KP-07. Bandung : Kementrian Pekerjaan Umum, 2013.

I Made K., Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2011.

Zainal N.A., Pondasi untuk Mahasiswa Politeknik Program Studi Teknik Sipil. Bandung : Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik, 1995.

Soemarto, Hidrologi Teknik. Surabaya : Usaha Nasional, 1987.

Suyono S., dkk., Hidrologi untuk Pengairan, Edisi Kesembilan. Jakarta : Pradnya Paramita, 2003.

Sri. H.B., Analisis Hidrologi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Erman M., dkk., Desain Hidraulik Bendung Tetap untuk Irigasi Teknis, Edisi Ketiga. Bandung : Alfabeta, 2006.

Soewarno, Hidrologi Aplikasi Metode Statistik untuk Analisa Data, Jilid Satu. Bandung : Nova, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.