PELAKSANAAN PEKERJAAN BETON BERTULANG PADA PROYEK TRANSPARK BEKASI


Zahara Dwicahyanti, Denny Yatmadi

Abstract



Dalam membuat bangunan bertingkat tinggi diperlukan biaya dan waktu yang cukup banyak, serta mutu yang bagus dalam tahap struktur. Pelaksanaan pekerjaan struktur terdiri dari pekerjaan pembesian, bekisting, dan pengecoran pada struktur kolom, balok, dan pelat lantai. Pelaksanaan pekerjaan ini terdapat di lantai 10 yang tebagi menjadi 2 zona pada apartement 1 di Proyek Mix-Used Kawasan Transpark Bekasi. Perlu diketahui dan dimengerti metode pelaksanaan yang baik, agar konstruksi dapat selesai sesuai dengan waktu perencanaan. Selain itu, kebutuhan tenaga kerja dan material juga perlu diketahui untuk memenuhi biaya, mutu, dan waktu. Pada penulisan proyek akhir ini, penulis bertujuan untuk menganalisa kebutuhan tenaga kerja, material, dan kekuatan bekisting pada kolom, balok, dan pelat lantai. Data yang digunakan dieproleh dari data lapangan proyek, spesifikasi perencanaan, dan studi kepustakaan. Kesimpulan dari proyek akhir ini adalah mendapatkan dimensi dan jarak yang efektif dan efisien untuk bahan bekisting kolom, balok, dan pelat lantai yang tidak melebihi tegangan dan lendutan yang diizinkan.
Kata Kunci : Metode pelaksanaan, material, tenaga kerja, bekisting

Full Text:

PDF

References


Ali Arsoni. 2010. Kolom, Fondasi, dan Balok T Beton Bertulang. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Andri Adiyatno, Wawan Darmawan. 2017. Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Semi dan Full System pada Proyek Pembangunan Apartemen Dave Depok: Politeknik Negeri Jakarta.

Aprilia Yudita Putri, Reno Maulana Yusuf. 2014. Pelaksanaan Pekerjaan

Struktur Beton Lantai 20 Proyek Apartemen Margonda Residence V Depok-Jawa Barat. Depok: Politeknik Negeri Jakarta

Devianna Novianingsih, Irti Simanjorang. 2018. Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Lantai 2 pada Proyek Transpark Cibubur Area Hotel. Depok: Politeknik Negeri Jakarta

Departmen PU. 2007. Pengantar Teknologi Beton dan Pengendalian Mutu. Bandung:

Dokumen Pelaksanaan Proyek Mix Used Kawasan Transpark Juanda-Bekasi.

F.Wigbout Ing. 1992. Pedoman tentang Bekisting (Kotak Cetak). Jakarta: Erlangga.

Gusti Rahman Karana, Nadi Kusnadi. 2005. Tinjauan Kembali Perhitungan dan Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting PERI Sistem Multiflex di Basemet 1 pada Proyek Pembengunan Menara Kuningan. Depok : Politeknik Negeri Jakarta.

Hafiz, M. Ali Indra Hafiz, Septiawan. 2014. Pengaruh Cangkang Kelapa Sawit Terhadap Kuat Tekan Beton Normal dengan Perlakuan Tekanan Awal pada Beton Segar. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Inas Athaya Ichianary, Puri Wikiarsih. 2018. Tinjauan Pelaksanaan Sturktur Lantai 3 Proyek Apartment Grand Melati Margonda 2. Depok: Politeknik Negeri Jakarta

Irene Maulina. 2008. Kajian Perbandingan Rumah Tinggal Sederhana dengan Menggunakan Bekisting Baja terhadap Metode Konvensional dari Sisi Konstruksi dan Kekuatan Struktur. Depok: Universitas Indonesia.

Ir. R Sagel. 1994. Pedoman Pengerjaan Beton, seri 2. Jakarta: Erlangga.

Marthin D.J Sumajouw, Reky S. Windah. 2014. Evaluasi Balok dan Kolom pada Bangunan Sederhana. Manado: Universitas Sam Ratulangi

www.pt.adhipersadagedung.com (diakses pada Februari 2019)

Regita Pramesti, Tri Nurhakim Sarip. 2018. Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Beton Bertulang Lantai 2 Apartemen Tower C Proyek Transpark Cibubur. Depok: Politeknik Negeri Jakarta.

Rizky Fajar Pratama, Sugeng P Budio, Ming Narto Wijaya. 2013. Analisis Kekuatan Struktur Beton Bertulang Dengan Lubang Hollow Core pada Tengah Balok. Malang; Universitas Brawijaya

Berbagai SNI yang Mendukung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.