Ketentuan Video Presentasi

Pada masa pandemi COVID 19, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga membatasi perjalanan maupun kegiatan tatap muka yang melibatkan banyak orang. Kesehatan dan keselamatan bersama menjadi prioritas saat ini. Untuk membatasi dan meminimalisir penyebaran virus, maka SNTE 2020 akan dilaksanakan secara virtual melalui sarana webinar. Berikut ini adalah kami informasikan kepada para pemakalah terkait panduan pelaksanaan webinar.

Pemakalah diharapkan telah merekam presentasi dalam bentuk file video sebelum tanggal 29 Oktober 2020. Video presentasi ini akan diputar kembali saat sesi paralel webinar SNTE 2020 berlangsung. Selama pelaksanaan sesi paralel pada tanggal 12 November 2020, pemakalah wajib hadir secara online setelah video presentasinya diputar untuk mengikuti sesi tanya jawab dari peserta webinar yang akan dipandu oleh moderator di setiap sesinya.

Mohon diperhatikan kembali ketentuan berikut dalam menyiapkan video presentasi yang akan ditampilkan

  • Durasi video presentasi maksimal: 10 Menit
  • File Format: MPEG-4 (.mp4) file (setting H.264 video dan AAC audio codecs)
  • Ukuran Video: HD (1280 x 720 atau “720p” setting)
  • Kualitas Audio: mohon cek kembali file video telah memiliki audio yang jelas dan terdengar baik sebelum di-submit.

Semua artikel yang diterima akan dipresentasikan pada beberapa sesi paralel Hari Kamis, 12 November 2020.

Sesi Tanya Jawab: Setelah video presentasi diputarkan, pemakalah wajib hadir secara online untuk melakukan sesi tanya jawab yang akan dipandu oleh moderator. Durasi sesi tanya jawab maksimal 5 menit.

Instruksi Perekaman Video

Video sebaiknya memuat slide presentasi yang baik dan jelas dengan audio berupa presentasi secara oral. Alternatifnya, video dapat memuat video thumbnail wajah pemakalah—video pemakalah harus berukuran thumbnail dan tampak pada slide presentasi seperti yang ditunjukkan pada video berikut (link: https://www.youtube.com/watch?v=D8JV3w4TOVw).

PowerPoint

  1. Ikuti instruksi berikut (link: https://support.office.com/en-us/article/record-a-slide-show-with-narration-and-slide-timings-0b9502c6-5f6c-40ae-b1e7-e47d8741161c) untuk menambahkan audio dan/atau video pada slide presentasi Anda.
  2. Ikuti instruksi berikut (link: https://support.office.com/en-us/article/turn-your-presentation-into-a-video-c140551f-cb37-4818-b5d4-3e30815c3e83) untuk menghasilkan file MPEG-4 (.mp4) dari presentasi Anda yang telah dilengkapi dengan audio/video.
  3. Alternatifnya, Anda dapat mengikuti video tutorial berikut ini (link: https://www.youtube.com/watch?v=D8JV3w4TOVw) atau video tutorial ini (link: https://www.youtube.com/watch?v=fe280TjbAXw).


Opsi lainnya

  1. Rekam layar Anda (dan mikrofon) ketika Anda menyampaikan presentasi. Berikut adalah cara efektif dan bebas biaya pada Linux (link: https://www.maartenbaert.be/simplescreenrecorder/), macOS (link: https://support.apple.com/en-us/HT208721), dan Windows (link: https://www.microsoft.com/en-us/p/simple-screen-recorder/9n5mvvbd0tgw?activetab=pivot:overviewtab).

 

Instruksi untuk mengunggah video presentasi ke youtube

  1. Sign in ke YouTube (link: https://www.youtube.com/).
  2. Pada pojok kanan atas, pilih “create video” atau pilih tombol à “Upload Video” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini
  3. Pilih video presentasi yang akan diunggah.
  4. Sementara video Anda dalam proses unggah, mohon tambahkan ketrangan detail video. Berikan judul pada video anda dengan format: Idmakalah_Nama belakang pemakalah (contoh: 3276_Putra). Klik “Next” setelah menambahkan judul video Anda.
  5. Anda dapat menambahkan informasi tambahan seperti end screen dan lainnya. Kemudian klik “next”.
  6. Di bawah pilihan “visibility”, silahkan pilih “unlisted”. Ini akan membuat video Anda hanya dapat dilihat oleh user yang memiliki akses pada link video. Kemudian klik “Save”.
  7. Selanjutnya, jangan lupa untuk salin link video Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

8. Silahkan masukkan link video Anda pada form Registrasi SNTE (link: http://bit.ly/registrasiSNTE)