ALTERNATIF MODEL PENYUSUNAN MOOD BOARD SEBAGAI METODE BERPIKIR KREATIF DALAM PENGEMBANGAN KONSEP VISUAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggi Anggarini
Dwi Agnes Natalia Bangun
Irpan Saripudin

Abstract

Pencarian ide adalah tahap yang krusial dalam proses desain, dimana dalam tahap tersebut sebuah konsep visual yang dijadikan pijakan untuk langkah selanjutnya ditentukan. Salah satu alat yang dapat digunakan dalam tahapan tersebut adalah mood board. Penggunaan mood board dapat membantu pengerjaan desain dengan lebih efisien. Agar dapat menggunakan mood board dengan efektif, mood board harus disusun dengan baik. Sayangnya, belum ada metode yang menjelaskan langkah-langkah penyusunan mood board, khususnya dalam penggunaannya untuk desain buku. Untuk itu dikembangkan alternatif model penyusunan mood board yang dapat digunakan dalam pembuatan desain buku. Alternatif model ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis acuan visual yang dibutuhkan dalam desain buku dan teori mengenai penyusunan mood board yang telah ada sebelumnya. Didapatkan dua alternatif model yang dapat digunakan. Kedua alternatif model ini akan menjadi rujukan dalam proses penyusunan metode penggunaan mood board dalam bidang desain grafis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Plattner, H. Meinel, C. and Weinberg, U. (2009). Design Thinking Research: Making Design Thinking Foundational. Springer International Publishing, Switzerland.
  2. Garner, Mc Donagh-Philp. 2001. Problem Interpretation and Resolution via Visual Stimuli : The Use of ‘Moodboard’ in Design Education. The International Journal of Art and Design Education Vol 20, Issue 1, Pages 57 – 64
  3. Ambrose, Gavin, dkk. 2010. Design Thinking. AVA Publishing SA
  4. Bramantyo, Lans, dkk. 2009. Feel Free to Unzip. Afterhours.
  5. Creswell, John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Pustaka Pelajar
  6. Lupton, Ellen. 2011. Graphic Design Thinking: Beyond Brainstorming. Princeton Architectural Press, New York.
  7. Landa, Robin. 2011. Graphic Design Solutions. Robert Busch School Of Design, Kean University
  8. Lawson, Bryan. 2007. Bagaimana Cara Berpikir Desainer. Jalasutra, Yogyakarta.
  9. Maxwell, John. 2005. Thinking For A Change. Center Street
  10. Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Gramedia Pustaka Utama
  11. Ideo. 2012. Design Thinking for Educators Vol.2, Ideo LCC
  12. Cassidy, Tracy. 2011. The Mood Board Process Modeled and Understood as a Qualitative Design Research Tool. Research Gate
  13. Suprobo, Priyo. 2012. Penerapan Design Thinking dalam Inovasi Pembelajaran Desain dan Arsitektur. Conference Paper. Seminar Nasional Menuju Arsitektur Berempati. Surabaya. Https://www.researchgate.net
  14. Sofiana, Yunida. 2014. Pemahaman Critical Thinking, Design Thinking dan Problem Solving dalam Proses Desain. Jurnal Humaniora Vol 5 Bo. 2 Oktober 2014: 649 – 654
  15. Kusumarini, Yusita. 2004. Berpikir Lateral dalam Perspektif Pembelajaran Desain. Jurnal Dimensi Interior Vol. 2, No.1 Juni 2004: 80-96
  16. Wardani, Laksmi. 2003. Berpikir Kritis Kreatif (Sebuah Model Pendidikan di Bidang Desain Interior). Jurnal Dimensi Interior Vol. 1, No. 2, Desember Hal 97-111
  17. Bestari, Afif. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 3, No. 2, Oktober 2016. Hal 121-137
  18. Setiawan, Budi dan Ulli Aulia Ruki. 2014. Penerapan Psikologi Desain pada Elemen Desain Interior. Jurnal Humaniora vol.5 No.2 Oktober 2014. Hal 1251-1260.
  19. Kusumowardhani, Pratiwi. 2017. Efisiensi Pelatihan Penerapan Konsep Fesyen Dan Peluang Kerjasama Pada Guru Menengah Kejuruan Busana Dan Tekstil. Jurnal Kreator vol.4 no.1 Januari 2017 Hal 1-9
  20. Lucero, Andrés. (2012). Framing, aligning, paradoxing, abstracting, and directing: How design mood boards work. Proceedings of the Designing Interactive Systems Conference, DIS '12. 10.1145/2317956.2318021.
  21. Endrissat, Nada & Islam, Gazi & Noppeney, Claus. (2015). Visual organizing: Balancing coordination and creative freedom via mood boards. Journal of Business Research. 69. 10.1016/j.jbusres.2015.10.004.