Peningkatan Ekonomi Mandiri Melalui Alih Teknologi Hidroponik Untuk Pkk Rt 02 Rw 17 Beji Depok

DOI: https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2693

Asep Y, Sidiq R, Candra D, Almahdi Almahdi

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu poin penting Tri Darma Perguruan Tinggi. Program Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta,  tahun  2019  ini  mengadakan  program  Pengabdian  Kepada  Masyarakat dengan mengangkat tema “Peningkatan Ekonomi Mandiri Melalui Alih Teknologi Hidroponik Untuk PKK RT 02 RW 17 Beji Depok.” Teknik menanam konvensional dengan menggunakan media tanam tanah dirasa menimbulkan masalah. Misanya masalah yang dihadapi ialah terbatasnya ketersediaan tanah dan cara penanaman yang  terbilang  sulit.   Program  Studi  Teknik  Mesin,  Jurusan  Teknik  Mesin, Politeknik Negeri Jakarta memperkenalkan sistem penanaman hidroponik kepada ibu-ibu PKK, dengan memanfaatkan alat dan bahan yang relatif mudah diperoleh. Pertimbangannya,  kelebihan  media  air  sebenarnya  lebih  praktis  sebagai  media tanam dibandingkan media tanah. Selain lebih bersih, dan bisa dijadikan pajangan karena nilai estetikanya. Tujuan kegiatan pelatihan tanaman Hidroponik ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK dalam melakukan budidaya sayur dengan sistem hidroponik.  Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah dengan cara: 1) penyuluhan. 2) demontrasi. 3) bantuan media tanam dan 4) pendampingan. Hasil kegiatan dapat disimpulkan yakni pengetahuan peserta tentang budidaya  hidroponik  meningkat  setelah  mengikuti  kegiatan  pelatihan  ini.  Hal tersebut  dikarenakan  pelatih  menggunakan  metode   demonstrasi,  dan   peserta dibekali alat dan bahan untuk mempraktekan sendiri. Sehingga antusiasme peserta untuk mempraktikkan budidaya hidroponik juga meningkat.

Keywords


Hidroponik, Ekonomi, dan Teknologi

Full Text:

PDF

References


Bahar, Y. . (2010). Tingkatkan Konsumsi Sayuran Melalui Budidaya Pekarangan Rumah. Jakarta.

Kustiwan, I., & Ladimananda, A. (2012). Pemodelan Dinamika Perkembangan Perkotaan dan Daya Dukung Lahan di Kawasan Cekungan Bandung. J. Tata Loka, 14(2), 98–112.

Sampeliling, S., Sitorus, S. R. P., Nurisyah, S., & Pramudya, B. (2012). Kebijakan Pengembangan Pertanian Kota Berkelanjutan Studi Kasus di DKI Jakarta. J. Analisis Kebijakan Pertanian, 10(3), 257– 267.

Setiawan, B., & Rahmi, D. . (2010). Ketahanan Pangan, Lapangan Kerja, dan Keberlanjutan Kota: Studi Pertanian Kota di Enam Kota Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Lingkungan Hidup. Universitas Gajahmada.

https://www.bps.go.id/publication/2018

Ilmu Budaya.com, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.