Upaya Peningkatan Sarana Belajar Siswa Madrasah Melalui Pembangunan Lapangan

DOI: https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2685

Isdawimah Isdawimah, A Damar Aji, Nuha Nadhiroh, Murie Dwiyaniti, Susilawati Tabrany

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Leuwikaret Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor memiliki 149 siswa dengan tingkatan kelas 1 - 6. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah  ini cukup besar, meskipun  sarana  dan prasarananya  sangat minim. Minimnya  sarana  dan prasana karena keterbatasan dana Yayasan Madrasah, dimana dana yang dipungut dari siswa tidak cukup untuk memenuhi  kegiatan  operasional belajar mengajar dan minimnya dukungan  pemerintah  daerah. Sekolah ini hanya memiliki 5 ruang kelas dengan kondisi sangat memprihatinkan, sebagian pintu ruang kelas rusak, lantai keramik pecah-pecah, atap bocor, plafon rusak, tembok kotor dan terkelupas, papan tulis kotor dan terkelupas, meja dan kursi banyak yang rusak.   Demikian juga WC bau dan tidak ada pintunya, lingkungan kotor dan gersang serta kondisi lapangan upacara tidak memadai, karena banyaknya bongkahan   bekas   bangunan.   Perbaikan   lapangan   diprioritaskan,   mengingat   sebentar   lagi   akan berlangsung lomba upacara untuk sekolah dasar di lingkungan Kecamatan Klapanunggal. Kegiatan perbaikan dimulai dengan mempersiapkan desain, bahan, alat dan lokasi lapangan. Lalu membuat lapangan dengan   penghancuran bongkahan bangunan, pembuatan pondasi lapangan, pengecoran, pengecatan dan uji coba lapangan untuk kegiatan upacara, bermain dan olahraga. Melalui perbaikan lapangan  siswa  dapat  melaksanakan  upacara  dengan  khidmat,  melaksanakan  olahraga  dan  bermain dengan  aman  dan  nyaman.  Berkat  perbaikan  lapangan,  siswa  Madrasah  Ibtidaiyah  Miftahul  Ulum berhasil menjadi Juara Pertama Lomba Upacara, dimana pencapaian ini merupakan pertama kalinya bagi madrasah tersebut yang telah berdiri sejak lama.

Keywords


Aman, lomba upacara, nyaman, prasarana, sarana

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar, 2006. "Media pembelajaran”, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Data sekolah Madrasah Miftahul Ulum Tahun 2017.

https://bogorkab.bps.go.id/statictable/2017/0 5/18/9/jumlah-penduduk-kabupaten-bogor- menurut-kecamatan-.html, diakses tanggal 18 Mei 2017.

Isdawimah, Ismujianto, A.Damar Aji dan Murie Dwiyaniti, 2018. “Upaya Peningkatan Ketrampilan Siswa Pesantren di Bidang Instalasi Listrik tegangan Rendah”. Dharmakarya Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 7 (1) 56-60.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.4 Tahun 2007.

National Safety Council (http://www.nsc.centralohio.org/, diakses tanggal 10April 2012

Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang “Standar Nasional Pendidikan”

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007.

“Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)”, www.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 10 Agustus 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. (www.dikti. go.id, diakses tanggal 2 April 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.