Pendampingan Publikasi Online Situ Pengasinan, Sawangan, Depok, Jawa Barat

DOI: https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i1.1986

Zaenal Abidin Eko Putro, Ade Haryani, Pradiptia Wulan Utami, Djony Herfan

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu muatan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagaimana tertuang dalam Pasal 20 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, serta Pasal 45 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Fokus kegiatan pengabdian kepada masyarakat program studi Penerbitan (Jurnalistik) Politeknik Negeri Jakarta tahun 2016 yaitu membantu mempromosikan atau menguatkan publikasi Situ Pengasinan yang terletak di Kampung Poncol, Kelurahan Pengasingan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan pihak sasaran yaitu aktivis FKH Pengasinan, setelah sebelumnya beraudiensi dengan Dinas KLH dan Disbudpar Kota Depok.

Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan aktivis FKH Pengasinan dalam rangka melakukan publikasi pariwisata Situ Pengasinan, sebab selama ini belum ditemukan situs website yang khusus menyiarkan dan menyebarluaskan informasi tentang pariwisata dan tentu juga pengelolaan lingkungannya pada situ ini. Adapun dampak jangka panjang (outcome) yang diharapkan antara lain untuk dilakukannya perbaikan dan pengembangan Situ Pengasinan ke depan sebagai lokasi pariwisata air.

Keywords


pengabdian kepada masyarakat; sumberdaya alam; Situ; Ekowisata; pendampingan publikasi online;

Full Text:

PDF

References


UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 Jawa Barat.

Pusporini, Diah. 2010. Strategi Pengembangan Wisata Di Situ Pengasinan Kota Depok. Bogor: Tesis Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor Bogor.

Warta Depok, April 2016.

Permana, Asep Arofah. 2003. Peranan Situ Terhadap Sistem Tata Air Kota Depok. Semarang: Tesis Program Pascasarjana Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro.

Astawa, Ida Bagus Made. et al. Potensi Sumberdaya Alam dan Pengelolaannya untuk Mendukung Kehidupan Sosial Masyarakat Adat Kawasan Gunung Batur Bangli. Jurnal Socia, Vol. 11, No. 1 Mei 2012.

Somba, Henry. R. Menanti Terwujudnya Manado Kota Model Ekowisata, dalam http://www.seputarsulut.com/menanti-terwujudnya-manado-kota-model-ekowisata/ diakses tanggal 2 Februari 2017.

Keputusan Bersama Menteri Negara Riset Dan Teknologi Dan Gubernur Jawa Barat Nomor 02/M/SKB/IV/2006 tentang Implementasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Untuk Peningkatan Daya Saing Provinsi Jawa Barat.

Center For International Forestry Research (Cifor). Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Kabar No. 19, Juni 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.