PENGARUH KUALITAS PRODUK INDIHOME TELKOM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI FORUM KOMUNITAS CS: GO INDONESIAN COMMUNITY

Yudho Saputro, Nining Latianingsih, Riza Hadikusuma

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk IndiHome Telkom terhadap loyalitas pelanggan pada forum komunitas CS:GO Indonesian Community. Variabel kualitas produk diuji menggunakan 8 indikator dan loyalitas pelanggan menggunakan 3 indikator. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel insidental dengan jumlah 72 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke responden. Hasil analisis dari uji korelasi sederhana menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan. Kemudian tingkat hubungan antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan termasuk kategori sedang. Pada hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian hasil analisis dari uji regresi sederhana menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 34,4%, sedangkan sisanya yaitu 65,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata kunci: kualitas produk, loyalitas pelanggan, Indihome, telkom dan pengaruh.

 

Abstract

 

This research aims to know The Influence quality product of IndiHome Telkom toward customer loyalty in community forum of CS:GO Indonesian Community. Quality product variables tested using 8 indicators and customer loyalty using 3 indicators. This research method is using quantitative research approach. The sampling technique used is accidental sampling with 72 number of respondents. Data collection technique was obtained by distributing a questionnaire to respondents. The results of the analysis of simple correlation test demonstrated that there are appreciable correlation between quality product and customer loyalty. Then the level of the relationship between quality product and customer loyalty is the moderate category. On the t test results show that the quality product was significantly quality product on customer loyalty. Then the results of the analysis of a simple regression test indicates that the influence of quality product on customer loyalty is amounted to 34.4%, while the another amount of 65.6% is influenced by other variables.

 

Keywords: Quality Product, Customer Loyalty and Indihome, the influence and Telkom Corporation


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.