PENGARUH KUALITAS PELATIHAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ORIFLAME DI LINGKUNGAN MAHASISWA ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

Tiyu Ratri, Azwar Azwar, Mawarta Onida

Abstract


Abstrak


Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis pengaruh variabel X (kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan).Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan sampling kuota,sampling purposive,dan non random sampling.Sebelum dilakukan penelitian,terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap 50 sampel yang digunakan untuk penelitian.Selanjutnya dilakukan uji korelasi sederhana (Korelasi Produk Moment),dan Regresi Linier Sederhana,Uji Koefisien Determinasi,Uji Signifikansi t.Dari hasil analisi korelasi sederhana didapat nilai korelasi antara kualitas pelayanan (X) dengan loyalitas pelanggan (Y) sebesar R= 0,660, hal ini menunjukkan bahwa hubungan yang kuat.Uji Koefisien Determinasi nilai korelasi R2 sebesar 0,660 dan nilai R square sebesar 0,436 menunjukkan besarnya pengaruh variabel X (kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan). Pada uji t diketahui hasil dengan nilai t hitung sebesar 5,418,dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel yang di tentukan sesuai dengan taraf tingkat kesalahan 5% sebesar 1,686.Selain itu hasil perhitungan pada tabel signifikan menunjukkan hasil sebesar 0,000,dimana nilai tersebut lebih dari probabilitas signifikan yaitu 0,05. Artinya adalah menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Oriflame.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan,Loyalitas Pelanggan.


Abstract


This study explains about the influence of service quality toward on customer loyalty of Oriflame product.This study uses quantitative analysis.The purpose of this study is to describe the analysis of the influence of variable X (service quality) to variable Y (customer loyalty).The sample used in this study is about 50 people.The sampling method used quota sampling,purposive sampling,and non-random sampling.Prior to this research,first tested the validity and reliability of the 50 samples were used for the study,then followed by test of the simple correlation test (Product Moment Correlation),Simple Linear Regression, Coefficient of Determination Test, Test Significance t.From the simple correlation analysis results obtained score of the correlation between the Quality of Service (X) and Customer Loyalty (Y) amounted to R = 0.660.It shows that there is a strong relationship. Coefficient Determination Test correlation value R2 of 0.660 and the value of R square of 0.436 indicates the magnitude of the effect of variable X (service quality) to variable Y (customer loyalty).At t test with a known outcome t value of 5.418, where the value is greater than t table which is determined according to the level of 5% error rate of 1.686. In addition the calculation results in significant table EpigramĀ 
shows the results of 0,000, which the score is greater than a significant probability of 0.05.It means that the results show there is a significant influence between the service quality on customer loyalty of Oriflame Product.


Keywords: Quality of Service , Customer Loyalty


Refbacks

  • There are currently no refbacks.