PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MAHASISWA/I ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

Rifaldi Rifaldi, Kadunci Kadunci, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Abstrak

 

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Gojek Indonesia terhadap kepuasan pelanggan di kalangan mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 82 orang mahasiswa yang di deskripsikan menurut jenis kelamin, program studi, semester, dan umur. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel kualitas pelayanan sebagai variabel independent (bebas) dengan menggunakan lima indikator penelitian, yaitu Bukti tampilan (Tangibles), Kehandalan (Reability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Dan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel dependent (terikat) dengan menggunakan lima indikator penelitian, yaitu Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional, Harga, dan Biaya. Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Y = 31,786 + 0,672X. Berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana didapatkan korelasi yakni 0,641 yang berarti terjadi hubungan yang sedang dengan hubungan yang positif karena nilai R positif. Sedangkan berdasarkan hasil indeks determinasi, presentase pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 41,1% yang berarti menunjukan hubungan yang sangat kuat.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Hubungan, Indikator dan Kuantitatif

 

Abstract

 

     This research aims to understand the influence of the quality of services offered by pt.Gojek indonesia towards customer satisfaction among student commercial administration, polytechnic jakarta district with the number of respondents as many as 82 students in described according to sex, course of study, the first half, and the days of.This research using two variables, namely variable the quality of service as variable independent ( freely with use of five indicators research, that is evidence of display ( tangibles ), the best thing of ( reability ), responsiveness ( responsiveness ), guarantee ( assurance ), danempati ( emphaty ). The regression equation is to research this is y = 31,786 + 0,672x.Based on the results of the analysis simple correlation obtained correlation namely 0,641 which means happened relationships and to relationships that are positive because the value of r positive. While based on the results of index determination, the percentage influence the quality of service for customer satisfaction of 41,1% which means showed a very strong.

 

Keywords: Service Quality, Consumers Satisfaction, Correlation, Indicator and Quantitative


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.