PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT GLOBAL KNOWLEDGE INDONESIA

Laura Ninta br Purba, Endah Wartiningsih, Dewi Winarni Susyanti

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden untuk memperoleh data primer dan studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Data yang didapat diolah menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis statistik inferensial, uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi dasar, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji T (Uji Parsial). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 37,5% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: kualitas, pelayanan jasa, kepuasan pelanggan, perusahaan dan pengaruh

 

Abstract

 

This research conducted to determine how much influence the service quality on consumers satisfaction. Collecting data using a questionnaire that given to respondents to obtain primary data and study literature available to get secondary data. The data that can be processed using SPSS 23.0 for Windows. Meanwhile, the method of data analysis using inferential statistical analysis, validity and reliability, assumption base test, analysis of simple regression, analysis of simple correlation, analysis of coefficients determined and T test (Partial Test). The results of this research indicate thar service quality have strong effect to the consumers satisfaction. Quality service effect consumers satisfaction equal 37,5%, and the residue equal to 62,5% effected by some other factor.

 

Keywords: Service, Quality, Consumers Satisfaction, the influence and corporation


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.