PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN DI KAWASAN TANJUNG PRIOK JAKARTA MELALUI PROGRAM CSR 5R++ (REDUCE, REUSE, RECYCLE, RESALE, RESHARE) PT PERTAMINA HULU ENERGI

DOI: https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1216

Dewi Winarni Susyanti, Suhail Elvari

Abstract


Abstract

The biggest issue that occurs in Jakarta area, especially North Jakarta, is the large number of vagrant kids, there are around 87 people. The faced issue by the vagrant kids is having no place to live, having no income and often disrupting public convenient due to unmannered behavior. Moreover, some of them have committed crimes. For this reason, vagrant kids need a place to develop into a better human being. Therefore, PT Pertamina Hulu Energi Offshore NorthWest Java (ONWJ), as a business entity which maintained by the state, also runs CSR programs as a form of awareness of government regulations and concern for the communities around the area of operation. Various programs related to 5R ++ (Reduce, Reuse, Recycle, Resale, Reshare) are implemented as an effort to empower vagrant kids while utilizing the environmental waste in form of paper, that can be recycled.

Keywords: CSR, 5R ++, entity, container, waste

Abstrak


Permasalahan terbesar yang terjadi di wilayah Jakarta khususnya Jakarta Utara adalah banyaknya jumlah anak jalanan, yakni sekitar 87 orang. Permasalahan yang dihadapi anak jalanan antara lain mereka tidak mempunyai tempat tinggal, tidak memiliki penghasilan yang tetap dan seringkali mengganggu kenyamanan publik karena tingkah laku yang kurang santun bahkan beberapa dari mereka sudah melakukan tindak kriminal. Untuk itu anak jalanan ini perlu sebuah wadah untuk dapat berkembang menjadi manusia yang lebih baik. Oleh karena itu PT Pertamina Hulu Energi Offshore NorthWest Java (ONWJ), sebagai sebuah entitas bisnis yang dinaungi oleh negara turut menjalankan program CSR sebagai bentuk kesadaran akan peraturan pemerintah serta kepedulian terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi. Berbagai program terkait 5R++ (Reduce, Reuse, Recycle, Resale, Reshare) dilaksanakan sebagai upaya memberdayakan anak jalanan sekaligus memanfaatkan limbah lingkungan berupa kertas yang bisa didaur ulang.


Kata kunci : CSR, 5R++, entitas, wadah, limbah


References


Ardianto, Ervinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Cutlip, Scott M, Center dan Broom. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iriantara, Yosal. 2013. Public Relations. Jakarta: Erlangga

Jefkins, Frank. dan Daniel Yadin. 2003. Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Katz, Bernard. 1994. Komunikasi Bisnis Praktis. Penerjemah: Soeharsono. Pustaka: Benaman Presindo

Mardikanto, Totok. 2018. Corporate Soial Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan). Bandung: Alfabeta

Rumanti, Maria Assumpta. 2012. Dasar-dasar Public Relations (Teori dan Praktik). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wibisono, Yusuf, 2007, Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Epigram



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.