STRATEGI MARKETING PEMBENTUKAN CITRA MELALUI DIVERSIFIKASI DAN DESAIN PRODUK UKM FESYEN

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v16i2.990

Darna Saenan

Abstract


Satu dari sekian permasalahan yang dihadapi oleh UKM fesyen adalah rendahnya persepsi konsumen perempuan terhadap produk ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang dapat membentuk citra positif produk UKM fesyen kota Depok.  Strategi yang dimaksud menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS (Internal strategic Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Strategic  Factor Analysis Summary). Penelitian dilakukan di kota Depok dengan jumlah anggota sampel sebanyak 50 UKM fesyen yang terdiri dari usaha mikro dan kecil, dan tekniksamplingnyamenggunakan metodenon probability sampling dengan pendekatan purposive dan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor dari faktor internal sebesar 2,78 sedangkan total skor dari faktor eksternal sebesar 3,40.Maka strategi yang disarankan berada pada kwadran ke I, yaituGrowth Oriented Strategyyang berarti bahwa UKM fesyen di kota Depok berada pada posisi yang mantap dan prima. UKM fesyen kota Depok memiliki peluang dan kekuatan yang memungkinkan untuk melakukan berbagai terobosan pemasaran agar mendapatkan citra yang positif dikalangan pengguna fesyen, tidak hanya di pasar lokal tapi juga dapat menjual ke pasar yang lebih luas.


Keywords


strategi pemasaran, IFAS, EFAS, SWOT, UKM Fesyen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.