PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKA

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v11i1.99

Rudy Haryanto, Sylvia Rozza

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atas strategi pemasaran dan manajemen hubungan
masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Objek Penelitian adalah unit hubungan masyarakat
(Humas) PNJ yang pada struktur organisasi langsung bertanggung jawab kepada Direktur PNJ.
Kegiatan Humas setiap periode diringkas dalam matriks, baik tugas dan wewenang petugas Humas,
kompetensi dan sasaran mutu terkait strategi pemasaran jasa pendidikan, baik internal maupun
eksternal. Agar fungsi dan peran Humas di perguruan tinggi menjadi efektif, disarankan untuk
melakukan langkah pengembangan yang sistematis dan terpadu. Langkah ini disebut dengan ROPE,
atau Research, the setting of Objection, Programming and Evaluation, baik dalam model dan cara
penanganannya maupun program yang dikembangkan. Kebutuhan komunikasi organisasi, baik
komunikasi internal maupun komunikasi eksternal diidentifikasi melalui suatu kajian (riset). Setelah
melakukan analisis, langkah berikutnya adalah menyusun rencana strategis Humas yang meliputi visi,
misi, tujuan dan sasaran Humas, kemudian dijabarkan dalam program kerja Humas.
Kata Kunci: strategi, jasa pendidikan, hubungan masyaraka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.