PENGARUH ASSET-LIABILITY MANAGEMENT TERHADAP PROFITABILITAS BANK TAHUN 2007-2011 (STUDI KASUS PERBANDINGAN BANK PEMERINTAH DENGAN BANK SWASTA)

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v16i2.925

Dina Ekasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asset-liability management (ALMA) terhadap profitabilitas bank yang diproksikan oleh total income dan net operating income pada tahun 2007-2011 untuk studi kasus perbandingan bank pemerintah dan bank swasta.

 

Data yang digunakan adalah laporan keuangan publikasi, harga saham, dan tingkat inflasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bukti empiris bahwa bahwa ALMA berpengaruh terhadap profitabilitas bank berdasarkantotal income dan Net Operating Income yang dibuktikan dengan hasil uji F Anova dan tidak terdapat perbedaan ALMA terhadap profitabiltas bank berdasarkan Total Income dengan Net Operating Income. Terdapat perbedaan ALMA terhadap profitabiltas bank pemerintah dengan bank swasta yang dibuktikan dengan hasil uji t.


Keywords


Asset-Liability Management; ALMA; Pemerintah; Bank swasta; Profitabilitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.