ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH TABUNGAN MUDHARABAH DI BNI SYARIAH KCP CILEDUG

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.Vol15.No.1.2016.pp.1-12

fatimah fatimah

Abstract


The research aims to analyze and determine the factors influencing customer loyalty in BNI Syariah Mudharabah Savings KCP Ciledug both simultaneously and partially. The factors examined included brand reputation, customer satisfaction, service quality, revenue sharing justice, strategic location, commitment and trust, customer loyalty. The sample in this research is BNI Syariah Mudharabah Savings KCP Ciledug Customers is 50 people. Data collection instrument used was a questionnairewith Likert Scale. Analysis of the data used is multiple linear regression by first tested validity and reliability. Variables of brand reputation, customer satisfaction, service quality, revenue sharing justice, strategic location, commitment and trust together (simultaneously) can influence the dependent variable of customer loyalty significantly. Theonly commitment and trust variable that significantly influence customer loyalty.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah tabungan mudharabah di BNI Syariah KCP Ciledug baik secara simultan maupun parsial. Faktor-faktor yang diteliti meliputi reputasi merek, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, keadilan bagi hasil, lokasi strategis, komitmen dan kepercayaan.Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan mudharabah BNI Syariah KCP Ciledug yang berjumlah 50 orang.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert.Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas.Semuavariabel bebas reputasi merek, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, keadilan bagi hasil, lokasi strategis, komitmen dan kepercayaan secara bersama-sama (simultan) mampu mempengaruhi variabel terikat loyalitas nasabah secara signifikan.Hanyavariabel komitmen dan kepercayaan yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah.

References


Agung, Ken Hermanto. 2006. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Komitmen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Nasabah Tabungan Simpeda Bank Jateng). Masters Thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Amrizal, 2013, Kinerja Rasio Keuangan Perbankan Islam Dan Konvensional: Studi Komparatif, Jurnal Liquidity Vol 2, No 1, Januari –Juni 2013 Hal 13-20.

Arzena, Deby Meigy. 2013. Pengaruh kepuasan atas Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Mandiri Tbk. Cabang Muaro Padang. (Online).Vol 2, No. 02. (http://ejournal.unp.ac.id, diakses 2013).

Azizah, Hilyatul. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah. (Online).Vol 1, No. 2. (http://journal.unnes.ac.id, diakses November 2012).

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Airlangga.

Harun, Harniza. 2011. Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Nilai Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah. (Online).Vol 3, No 1. (http://online-journal.unja.ac.id, diakses Januari-Juni 2011).

Junaedi, Achmad Tavip. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan, dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Provinsi Riau. (Online).Vol 10, No. 1.(http://www.jurnaljam.ub.ac.id, diakses Maret 2012).

Itasari, Dwi. 2013. Pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah USM. Vol 2 No 2.h 33-48.

Kharisma, Perdana Mahkota. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Nasabah dan Bagi Hasil terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Victoria Syariah di Brebes. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (Online) (http://download.portalgaruda.org)

Khotimah, Khusnul. 2013. Pengaruh Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Menabung pada KCU PT. Bank Pembangunan Daerah Papua di Jayapura.

Krismanto, Adi. 2009. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah. Thesis Program Pasca Sarjana UNDIP.

Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.

Maisya, Fitri. 2013. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukittinggi. Jurnal Manajemen. (Online).Vol. 2, No. 01. (http://ejournal.unp.ac.id, diakses Maret 2013).

Maria, Ulfa. 2012. Pengaruh Kualitas Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan di Penginapan Mega Syariah Semarang.Thesis IAIN Wali Songo Semarang.

Nurhanifah, Anik. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Purnamasari, Intan. 2014. Pengaruh Implementasi Syariah Governance terhadap Loyalitas Nasabah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sandhya, Rezki Tri. 2015. Hubungan Brand Image Research dengan Loyalitas Konsumen. Prosiding Penelitian SPeSIA. Fakultas Ilmu Komunikasi: Universitas Islam Bandung.

Saputra, Ridho Surya. 2013. Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Tbungan pada Bank BNI Syari’ah Cabang Jl. Gajah Mada di Kota Padang. (Online).Vol 2, No. 2. (http://ejurnal.bunghatta.ac.id, diakses 2013).

Sunarto.2006. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dan dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing.Master thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Swastha, Basu. 2009. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Ulfariyah.2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Jatibarang Indramayu.Skripsi. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.