FRAMEWORK IDE BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KABUPATEN PURWAKARTA

Agus Supriyadi, Ahmad Abror, Tresna Wulandari

Abstract


Abstrak

Kelangsungan hidup Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat ditinjau dari kemampuan dan konsistensi mereka dalam menyusun, menganalisis, dan mengimplementasikan rencana bisnis (business plan) mereka. Rencana bisnis merupakan dokumen tertulis yang berisi ringkasan yang menggambarkan elemen internal dan eksternal relevan serta strategi dalam memulai bisnis baru. Rencana bisnis penting bagi pengusaha, investor, dan bahkan karyawan karena membantu kelangsungan hidup perusahaan dalam pasar yang ditunjuk. Permasalahnnya adalah terlalu banyak manajer perusahaan kecil yang mengabaikan proses perencanaan strategis karena mereka mengira hal tersebut hanya bermanfaat bagi perusahaan besar. Lebih jauh lagi ditemukan fakta bahwa banyak rencana bisnis yang tidak memiliki ide bisnisnya. Dengan kata lain, ada begitu banyak fokus pada rencana bisnis, tapi begitu sedikit fokus pada ide-ide bisnisnya. Pernyataan ini menggambarkan karakteristik dari sebagian besar wirausaha. Bahkan banyak ide bisnis yang tidak bisa menjadi bisnis menguntungkan atau kalaupun menguntungkan, tetapi tidak menghasilkan pendapatan yang mencukupi. Salah satu alasan kurangnya perhatian terhadap ide bisnis diduga karena lemahnya menerapkan metodologi/teknik yang sesuai. Artinya, perlu suatu teknik mengembangkan ide bisnis yang kompetitif dan berkelanjutan. Penelitian ini menyajikan framework suatu ide bisnis yang mendeskripsikan proses kewirausahaan para wirausaha, meliputi perjalanan mental, penetapan tujuan, serta motif mereka berwirausaha. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran ide bisnis yang terdiri dari: 1) Gambaran entrepreneurship as a competency; 2) Gambaran creative market insight; 3) Gambaran window of opportunity; 4) Gambaran creation of the business concept; 5) Gambaran entry barriers to markets; 6) Gambaran strategies for market entry; 7) Gambaran the positive influence of competitors; 8) Gambaran entrepreneurship and business ideas in the embryonic market; 9) Subvariabel ide bisnis yang memiliki skor tertinggi; dan 10) Subvariabel ide bisnis pelaku UMKM Kabupaten Purwakarta yang memiliki skor terendah. Subyek dari penelitian ini adalah pelaku UMKM sejumlah 40 orang. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah ide bisnis. Adapun metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, survey, dan deskriptif verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel nonprobability sampling, khususnya sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Untuk menguji hipotesis, digunakan statistik nonparametrik dengan teknik analisis data Kruskal-Wallis One Way Anova dan Chi Kuadrat Satu Sampel.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Entrepreneurship as a competency dinilai baik (kontinum sedang); Creative market insight dinilai sangat baik (kontinum tinggi; Window of opportunity dinilai sangat baik (kontinum tinggi); Creation of the business concept dinilai baik (kontinum tinggi); Entry barriers to markets dinilai baik (kontinum sedang); Strategies for market entry dinilai baik (kontinum tinggi); Pelaku UMKM Kabupaten Purwakarta menilai setiap indikator the positive influence of competitors dominan pada kerjasama dengan pesaing, bahkan pesaing membuka jalan untuk memperoleh pelanggan, pesaing dinilai seperti cyclops, serta wilayah pasar sangat penting bagi pesaing; Entrepreneurship and business ideas in the embryonic market dinilai baik (kontinum sedang). Subvariabel ide bisnis pelaku UMKM Kabupaten Purwakarta yang memiliki skor tertinggi adalah creative market insight dan skor terendah adalah entry barriers to markets.

Kata Kunci : Ide Bisnis, Entrepreneurship as a competency, Creative market insight, Window of opportunity, Creation of the business concept, Entry barriers to markets, Strategies for market entry, the positive influence of competitors, Entrepreneurship and business ideas in the embryonic market

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.