STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK X SYARIAH CABANG TANGERANG SELATAN

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v12i1.656

Fatimah Fatimah, Elisabeth Yansye Metekohy

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dirancang untuk menemukan strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah yang paling tepat sehingga mampu memenangi persaingan. Dengan menggunakan analisisi SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan dari produk pembiayaan murabahah. Dari hasil analisis didapat strategi pertumbuhan atau growth strategy . Staregi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran l dimana total weighted score peluang-ancaman sebesar 3.21 sedangkan total weighted score kekuatan-kelemahan sebesar 3,31. Posisi pada kuadran ini sangat menguntungkan dan dapat dipasarkan secara maksimal dengan menerapkan kebijakan bauran pemasaran seperti kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan tempat dan kebijakan promosi yang mendukung pertumbuhan yang agresif dari produk pembiayaan murabahah.

Kata Kunci : murabahah, analisis SWOT, strategi pemasaran

Abstract
This study designed to find about the most appropriate startegy of murabahah funding product marketing so that will win the competition. With the use of SWOT analitics with IFAS and EFAS matrices, it can identify important factor either external or internal environtment that will be chance, threat, strength and weakness of the murabahah funding product.From the analytics result, it is obtained the growth strategy. This strategy choosed because of the calculation result shows it was in 1st quadrant, where the total weigthed score of chance-threat is 3,31. While total weighted score of strength-weakness is 3,31. Location of this quadrant very profitable and can be maximally marketed by implement of mixed marketing policy such as product policy, price policy, place policy, promotion policy that support the aggresive growth of murabahah funding product.

Keywords: murabahah, SWOTanalytics ,marketing strategy

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.