PERAN PENINGKATAN SISTEM INFORMASI KUALITAS JASA UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA INDUSTRI TRANSPORTASI DARAT (STUDI KASUS : PT. KERETA API INDONESIA)

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v10i1.473

Aminah Fauzy, Hayati Fatimah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada PT KAI dan para stakeholders
mengenai: efektivitas pelaksanaan sistem informasi kualitas jasa yang akan memberikan
keunggulan kompetitif bagi suatu perusahaan/organisasi, dimensi kualitas jasa yang harus
dipertahankan oleh perusahaan dalam menarik pelanggan, dan perbaikan yang berkelanjutan
atas pelayanan perusahaan kepada pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah survey dengan memberikan kuesioner dan melakukan wawancara manajemen dengan
manajemen PT KAI dan dengan beberapa pihak terkait. Analisis data dilakukan dengan metode
deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan diperoleh bahwa perumusan strategi dengan implementasi
strategi khususnya dalam hal pelayanan kepada konsumen yang dilakukan oleh PT. KA (Persero)
masih belum memadai sehingga hasil yang diperoleh masih belum optimal. Padahal antara
strategi perusahaan dengan implementasi strategi harus sesuai sehingga tujuan yang tertuang
dalam misi perusahaan dapat tercapai.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Kualitas Jasa, Strategi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.