FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN ASET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Ida Syafrida, Ahmad Abror

Abstract


Abstrak
Target pertumbuhan pangsa pasar bank syariah yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar 5
persen dapat diupayakan tercapai, salah satunya dengan cara meningkatkan jumlah aset yang ada
di bank syariah. Peningkatan aset perbankan syariah dipengaruhi oleh banyak faktor yang secara
umum dapat diklasifikasikan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan aset
perbankan syariah di Indonesia. Dalam hal ini faktor-faktor internal yang digunakan adalah
jumlah kantor bank syariah, rasio NPF, rasio FDR, biaya promosi, dan jumlah dana pihak ke-tiga
(DPK) yang ada di bank syariah. Sedangkan faktor-faktor eksternal yang dipilih adalah office
chaneling dan jumlah uang beredar (M2). Dimana data-data yang digunakan adalah data statistik
bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS) di Indonesia pada periode September
2008 sampai dengan September 2010. Untuk dapat mengambil kesimpulan, maka digunakan
analisis dengan metode regresi linier berganda. Dari tujuh variabel yang diteliti, ternyata hanya
lima variabel yang memenuhi persyaratan BLUE, yaitu jumlah kantor bank syariah, rasio NPF,
rasio FDR, biaya promosi, dan office chaneling dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan aset perbankan syariah adalah junlah kantor, rasio FDR, dan
biaya promosi.
Kata kunci: NPF, FDR, DPK, office chaneling, M2

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.