ANALISIS PELUANG PASAR UNTUK MENGEMBANGKAN PRODUK OLAHAN JAMUR MERANG DI JAWA TIMUR

Mochamad Yunus Fitriady

Abstract


Abstrak
Pengelola usaha produk olahan jamur merang yang masih tergolong baru tentu akan
kesulitan beroperasi dalam pasar yang luas. Pemilihan lokasi pemasaran yang tepat dan
potensial adalah langkah awal bagi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pasar yang paling potensial produk olahan jamur merang di Provinsi Jawa Timur. Penelitian
yang dilakukan bersifat deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan analisis data tabulasi dan
analisis penilaian “factor rating”. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara
dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa peluang pasar yang paling potensial adalah dengan total
nilai tertinggi sebesar 8.600, adalah Kabupaten Jember, kemudian dikuti dengan total nilai
8.350, yakni Kabupaten Malang. Pertimbangan keputusan antara pertama dan kedua, tidak
harus pertama yang didahulukan, tetapi tidak menutup kemungkinan Kabupaten Malang yang
mendekati pasar potensial juga mendapat perhatian yang lebih dari pihak pengelola usaha
produk olahan jamur merang.
Kata Kunci : Peluang Pasar, Pasar Potensial

Refbacks

  • There are currently no refbacks.