ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN DI KODYA DEPOK

Tuti Hartati, Kadunci Kadunci, Lenny Brida

Abstract


Abstrak
Kegiatan penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Pelayanan Terhadap
Keputusan nasabah pegadaian di Wilayah Kodya Depok, Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif, data yang diperoleh kemudian diolah, ditaksirkan, dan
disimpulkan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan
instrument pengumpul data berupa kuesioner (skala Likert). Penelitian ini menggunakan
teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh
Antara Pelayanan(Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor
Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian di Kodya Depok,
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelayanan (Responsivness(X1), Faktor
Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) merupakan
faktor-faktor determinan terhadap kepuasan nasabah pegadaian di Kodya Depok. Dengan kata
lain, bagi manajemen Perum Pegadaian Depok diharapkan dapat meningkatkan variabel
pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen., agar kepuasan nasabah pegadaian
meningkat. Berdasarkan hasil analisis koefisien paarsial, maka kekuatan korelasi parsial yang
paling baik adalah korelasi antara factor emphaty terhadap kepuasan nasabah di Kodya
Depok. Dengan kata lain variable emphaty paling menonjol dibandingkan 4 variabel lainnya,
yaitu: Responsivness, Faktor Reliability, Faktor Assurance, Faktor Tangibles.
Key word: Responsivness, Reliability, Assurance, Faktor Emphaty, Tangibles, regresi linier berganda

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.