PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP ONLINE PURCHASE DECISION PADA PLATFORM BELANJA ONLINE SHOPEE

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495

Reminta Lumban Batu, Tiar Lina Situngkir, Indah Krisnawati, Sherliana Halim

Abstract


Pemanfaatan teknologi telah mendorong pertumbuhan bisnis karena berbagai informasi yang dapat disajikan melalui hubungan jarak jauh. E-commerce adalah salah satu kemajuan teknologi informasi, dimana suatu sistem melayani pembeli secara online melalui media jaringan komputer. Banyaknya e-commerce di Indonesia mendorong perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang menarik agar konsumen mengunjungi platform e-commerce yang akhirnya konsumen akan melakukan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling penelitian ini simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data diolah menggunakan menggunakan PLS (Partial Least square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa website, search engine marketing, web banner, social media, affiliate marketing, email marketing dan online purchase decision berpengaruh positif dan signifikan terhadap Online Purchase Decision.

Keywords


E-commerce, Pemasaran Digital, Keputusan Pembelian Online

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.