ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ONLINE DI MARKETPLACE

DOI: https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2490

Novitasari Novitasari, Mia Andika Sari

Abstract


Terjadinya pergeseran  minat dari pembelian offline (konvensional) beralih ke pembelian online (daring) membuat pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup di bidang jual beli berkonsep marketplace di Indonesia semakin berkembang dan semakin kompetitif. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen online di marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen online di marketplace serta untuk mengetahui marketplace apa yang paling di minati oleh konsumen online untuk berbelanja. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasilnya adalah faktor harga, keamanan dan kemudahan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Sementara faktor kualitas produk, promosi, kepercayaan, kualitas website dan reputasi vendor tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Tetapi faktor kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan, kualitas website, keamanan, reputasi vendor dan kemudahan transaksi berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat beli konsumen online di marketplace sebesar 63,7%, sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dan marketplace yang paling diminati konsumen online untuk berbelanja adalah Shopee dengan persentase pemilih sebesar 70,3%.

 


Keywords


marketplace, reputasi vendor, minat beli, regresi linear berganda

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.