PENGARUH ORIENTASI MODE (FASHION ORIENTATION) DAN KEMUDAHAN PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

DOI: https://doi.org/10.32722/acc.v5i2.1777

Bella Dhaniyanti, Tetty Rimenda, Jhonny Marbun

Sari


ABSTRACT
This study aims to determine the new factors that are formed from Fashion Orientation and Ease of
Payment Using Credit Card on Online Buying Decisions. The Fashion Orientation itself consists of
Fashion Leadership, Fashion Interest, Importance of Being Well-Dressed, and Anti-fashion Attitude.
This study uses primary data that were collected through questionnaires from 100 respondents by using
non-probability purposive sampling. Analysis of the data used in this study is factor analysis and
multiple linear regression analysis using SPSS Version 20. The results showed that there are new
factors that are formed, namely Easy and Tidy Orientation factor and Fashion Orientation factor. This
research found that 57,4% of consumer online buying decisions variables were influenced by these two
factors, and the remaining 42,6% influenced by other factors that not included in this study.   
Keyword : Fashion Orientation, Ease of Payment, Credit Card, Online Buying Decisions
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor baru apa saja yang terbentuk dari variabel
Orientasi Mode dan Kemudahan Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit terhadap Keputusan
Pembelian Online. Orientasi Mode terdiri dari Kepemimpinan Mode, Ketertarikan Mode, Pentingnya
Berpakaian Rapih, dan Sikap Anti Terhadap Mode. Penelitian ini menggunakan data primer yang
diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik
non-probability purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
faktor dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan terdapat dua faktor baru yang terbentuk yaitu Faktor Easy and Tidy Orientation dan
Faktor Fashion Orientation. Penelitian ini menemukan bahwa 57,4% variabel keputusan pembelian
online konsumen dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut, dan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.   
                                 
Kata Kunci : Orientasi Mode, Kemudahan Pembayaran, Kartu Kredit, Keputusan Pembelian Online

Kata Kunci


Fashion Orientation, Ease of Payment, Credit Card, Online Buying Decisions

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##