FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH NON MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP BSD

DOI: https://doi.org/10.32722/acc.v5i2.1776

Itsnaini Khairunnisa, Sylvia Rozza, Ach. Bakhrul Muchtasib

Sari


ABSTRACT
This study aims to determine what factors affect the interest of non-Muslim customers in using Islamic
bank savings products. And this research also aims to analyze the most dominant factors affecting the
interest of non-Muslim customers in using Islamic bank savings products. The analytical method used
is quantitative analysis. This analysis includes: validity and reliability testing, KMO test and Barlett
Test and MSA (measures of sampling adequency). The sample used in this study was 52 respondents.
The result of the analysis shows that there are three variables formed from five variables, namely
location, service quality, and religious stimuli, which influence the interest of non-Muslim customers in
using islamic bank saving products. The result of this study is expected to be benefited for BSD Jabar
Banten Sharia Bank in investigating factors that influence the customer intention to invest in islamic
bank saving products.
 
Keywords: Location Factor, Service Quality Factor, Religious Stimuli Factor, and Interest In Saving
 
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah non
muslim dalam menggunakan produk tabungan bank syariah. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk
menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat nasabah non muslim dalam
menggunakan produk tabungan bank syariah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
kuantitatif. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji KMO dan Barlett Test dan MSA
(measures of sampling adequency). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52
responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga variabel yang terbentuk dari lima variabel
yaitu, lokasi, kualitas pelayanan, dan religius stimuli. Yang mana mempengaruhi minat nasabah non
muslim dalam menggunakan produk tabungan bank syariah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat
memberi keuntungan untuk Bank Jabar Banten Syariah Kcp BSD dalam menyelidiki faktor-faktor yang
bermaksud untuk mempengaruhi nasabah agar berinvestasi pada produk tabungan bank syariah.
 
Kata Kunci: Faktor Lokasi, Faktor Kualitas Pelayanan, Faktor Religius Stimuli dan Minat Menabung

Kata Kunci


Location Factor, Service Quality Factor, Religious Stimuli Factor, and Interest In Saving

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##