MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AKUNTANSI UNTUK MENGANTISIPASI DESRUPSI TEKNOLOGI

DOI: https://doi.org/10.32722/acc.v5i1.1645

Ali Masjono muchtar

Sari


ABSTRAK
Era desrupsi telah berjalan dan telah mengancam beberapa profesi, banyak profesi telah tergerus dengan
kemajuan teknologi. Akankah auditor tergerus dengan desrupsi ini. Tujuan dari artikel ini adalah memberikan
alternatip solusi agar kurikulum akuntansi merobah orientansi pengajarannya (model pembelajaran, kurikulum,
pola, sumber dan methodology) kepada muatan teknologi yang berimbang antara akuntansi model lama dengan
akuntansi berbasis komputer agar lulusan mampu menghadapi desrupsi di dunia nyata. Penulisan artikel
berdasarkan hasil observasi, pengalaman dan kajian artikel terkait dengan topik bahasan. Analisis berdasarkan
hasil pembahasan dari observasi terhadap progam studi komputerisasi akuntansi yang ada di Indonesia dan hasil
pengembangan kurikulum yang pernah di lakukan oleh penulis dibeberapa Perguruan Tinggi. Untuk menjawab
tantangan desrupsi ini bisa diantisipasi jika pengajaran akuntansi manual dikombinasikan dengan teknologi
informasi secara penuh. Semua siklus akuntansi telah dikomputerisasikan dan sebagai konsekwensinya adalah
auditnyapun harus berbasis komputer dan menggunakan komputer. Mahasiswa harus dibekali illmu akuntansi
dan ilmu komputer yang seimbang dengan harapan desrupsi akan bisa diantisipasi dengan baik. Alternatip
kurikulum untuk mengantisipasi desrupsi dapat dilihat di artikel.
Kata kunci; desrupsi, kurikulum berimbang, auditor
ABSTRACT
Disruption era has been running and has threatened several professions, many professions have been eroded by
technological advances. Will the auditor be crushed with this disruption? The purpose of this article is to provide
an alternative solution for the accounting curriculum to change its teaching orientation (model of teaching,
curicula, pattern, source and methodology) to a balanced technology load between conventional accounting and
computer-based accounting to produce graduate with capability of dealing with disruptions in the real world.
Writing articles based on the results of observation, experience and tinjauan of articles related to the topic of
discussion. Analysis based on the results of the discussion of the observations on computerized accounting study
program in Indonesia and the results of curriculum development ever done by authors in several universities. To
address this challenge, it can be anticipated if manual accounting teaching is combined with full information
technology. All accounting cycles have been computerized and consequently the audits should be computer-based
and using a computer. Students must be equipped with balanced accounting and computer science in the hope
that disruption will be well anticipated. Alternative curricula to anticipate disruption can be seen in the article.

Key word: disruption, balance curricula, auditor

Kata Kunci


disruption, balance, curriculum, auditor

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##