Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan dari jurnal ACCOUNT adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian terapan di bidang akuntansi, keuangan, dan perbankan. 

ACCOUNT difokuskan untuk menjadi jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian terapan baik oleh akademisi, praktisi, dan asosiasi profesi.

ACCOUNT mengundang naskah pada sub area sebagai berikut:

  • Manajemen Akuntansi
  • Akuntansi Keuangan
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Auditing
  • Pasar Modal
  • Pasar Modal Syariah
  • Lembaga dan Jasa Keuangan
  • Keuangan Perusahaan
  • Manajemen Risiko
  • Manajemen Investasi dan Portofolio
  • Perilaku Keuangan
  • Open Banking
  • Perbankan
  • Perbankan Syariah
  • Kewirausahaan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

INFORMASI UMUM

Sebelum direview oleh reviewer, seluruh naskah yang dikirimkan akan dievaluasi terlebih dahulu oleh tim editor (desk review). Naskah yang tidak memenuhi kriteria dan tidak sesuai dengan focus and scope jurnal ACCOUNT, tim editor dapat menolak naskah tersebut tanpa melanjutkan proses peninjauan kepada reviewer eksternal. Seluruh naskah yang masuk ke jurnal ACCOUNT akan di-skrining plagiarisme dengan menggunakan Ithenticate/ Turnitin. Naksah yang memiliki tingkat kemiripan 25% pada pengecekan plagiarism akan otomatis tertolak. Sedangkan, naskah yang memenuhi kriteria dan menarik bagi pembaca jurnal ACCOUNT akan kami proses ke tahap double blind review.

Tim editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer dengan beberapa kemungkinan: diterima, membutuhkan revisi mayor, membutuhkan revisi minor, atau ditolak. Pimpinan redaksi jurnal ACCOUNT memiliki kewenangan untuk memutuskan naskah yang diterima dan yang akan diterbitkan oleh jurnal ACCOUNT.


KRITERIA PUBLIKASI

Jurnal ACCOUNT menerima lebih banyak naskah dari pada yang mampu dipublikasi. Agar dapat dipublikasikan di jurnal ACCOUNT, naskah harus memenuhi beberapa kriteria umum berikut ini:

  • Sejalan dengan focus and scope utama jurnal ACCOUNT, yaitu penelitian terapan di bidang akuntansi, keuangan, dan perbankan atau area lain yang terkait dengannya juga dapat dipertimbangkan;
  • Memberikan kontribusi empiris dan praktis di bidang akuntansi, keuangan, dan perbankan. Preferensi diberikan kepada naskah yang menguji, mengevaluasi, atau berinovasi pada strategi atau solusi praktis bagi kepentingan penerapan keilmuan dan praktik di bidang akuntansi, keuangan, dan atau perbankan;
  • Memberikan bukti yang kuat pada hasil dan kesimpulan penelitian;
  • Menggunakan metode penelitian empiris, baik metode kualitatif, kuantitatif, observasi lapangan, pengujian laboratorium, atau kombinasi beberapa metode


PROSES PEER REVIEW

Proses peer review jurnal ACCOUNT melalui beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut:

1. Penulis menyerahkan naskah

Penulis dapat mengirimkan naskah ke redaksi ACCOUNT melalui dua cara, yaitu melalui website atau email jurnal ACCOUNT. Jika melalui website, proses review naskah dilakukan secara online dan penulis harus registrasi dan membuat akun personal terlebih dahulu. Proses registrasi dapat dilakukan melalui SUBMISSION. Alternatif kedua, penulis dapat mengirimkan naskah secara manual ke email account@akuntansi.pnj.ac.id.

2. Desk review

Naskah yang sudah masuk ke redaksi jurnal ACCOUNT akan dilakukan desk review terlebih dahulu. Desk review merupakan proses evaluasi pendahuluan oleh tim editor jurnal ACCOUNT. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu baik bagi penulis ataupun reviewer, yaitu hanya naskah yang memenuhi kriteria tim editor saja yang akan melalui proses review formal oleh reviewer. Hasil keputusan evaluasi desk review dapat berupa “naskah ditolak”, “naskah dilanjutkan ke proses double blind review” atau “naskah dikembalikan untuk direvisi dan dire-submit”. Semua keputusan merupakan kewenangan tim editor jurnal ACCOUNT.

3. Proses double blind peer review

Naskah yang lolos proses desk review, tahap berikutnya naskah tersebut akan di-review oleh satu atau dua orang reviewer. Reviewer tidak mengetahui identitas penulis naskah yang ia review, sama halnya dengan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer naskahnya (double blind review). Reviewer diizinkan memberikan umpan balik dan rekomendasi kepada penulis untuk mengubah/ memperbaiki isi naskahnya.

Apabila kedua reviewer memiliki pandangan dan atau saran yang berbeda/ saling bertentangan, maka tim editor akan membuat keputusan atau rekomendasi langsung. Tim editor akan mencoba mengevaluasi kekuatan argument yang diberikan oleh setiap reviewer. Tim editor pun dapat menghubungi kedua reviewer kembali untuk mendapat masukan lebih lanjut, khususnya dalam hal jika mereka tidak saling setuju sama lain atau penulis yakin ia telah disalahpahami. Oleh karena itu, dalam hal ini tim editor akan meminta kesediaan reviewer menindaklanjuti situasi tersebut. Namun demikian, tim editor sangat menyadari bahwa reviewer biasanya enggan terlibat dengan sengketa berkepanjangan, maka tim editor akan berusaha sebaik mungkin menjaga komunikasi dan konsultasi sesuai kebutuhan.

Ketika reviewer setuju untuk menilai suatu naskah, maka tim editor menganggap hal tersebut sebagai komitmen mereka untuk meninjau naskah dan revisi selanjutnya hingga naskah tersebut memenuhi standar dan layak diterbitkan di jurnal ACCOUNT. Jika reviewer tampak belum melakukan upaya serius untuk meninjau naskah yang telah dikirim, tim editor berwenang untuk mengalihkan naskah tersebut ke reviewer lain untuk ditinjau.

Setiap perubahan yang dibutuhkan pada naskah asli akan dinyatakan dengan jelas untuk ditindaklanjuti oleh penulis. Penulis harus cermat memeriksa struktur kalimat, kelengkapan dan keakuratan teks, data, referensi, table, grafik, dan seluruh konten naskah yang direvisi. Tim editor pun berhak untuk memperbaiki/ mengubah semua aspek gaya dan format penulisan. Jika ada terlalu banyak kesalahan penulisan (seperti ejaan atau tanda baca), naskah akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi sebelum dikirim ulang.

4. Keputusan editor

Keputusan editor bukan melalui perhitungan suara (voting) atau penilaian pemeringkatan atau mengikuti rekomendasi mayoritas. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab editor kepada pembaca dan komunitas peneliti untuk memutuskan dengan cara terbaik. Berdasarkan umpan balik reviewer, editor akan menerima atau menolak sebuah naskah dengan beberapa kondisi sebagai berikut:

  1. Menerima tanpa revisi,
  2. Menerima dengan revisi minor ataupun mayor untuk menyelesaikan masalah khusus pada naskah mereka,
  3. Menolak naskah, biasanya atas dasar kurangya orisinalitas, konsep yang tidak memadai, atau masalah teknis dan atau interpretasi

5. Konfirmasi ke Penulis

Baik naskah yang diterima atau ditolak, tim editor akan mengirimkan surat keputusan resmi kepada penulis.

 

Publication Frequency

ACCOUNT terbit dua kali setahun, yaitu bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal ACCOUNT memberikan akses terbuka langsung ke seluruh isinya tanpa biaya untuk mendukung pertukaran pengetahuan dan bermanfaat bagi seluruh pihak.

 

Publication Ethics

PERNYATAAN ETIKA PUBLIKASI DAN MALPRAKTEK PUBLIKASI

Dengan mengadaptasi prinsip-prinsip Committee on Publication Ethics (COPE), Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta sebagi penerbit jurnal ACCOUNT memiliki tanggung jawab atas semua tahap penerbitan. Pernyataan etika ini menjelaskan tentang perilaku etis/ kode etik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam proses penerbitan naskah di jurnal ACCOUNT, termasuk penulis, tim editor, reviewer, dan penerbit (Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta). Dalam hal ini seluruh pihak perlu untuk menyetujui standar perilaku etis demi menjaga kualitas dan kredibilitas karya penulis dan lembaga pengelola.

         

KODE ETIK EDITOR:

  • Publication Decisions

Pemimpin redaksi jurnal ACCOUNT bertanggung jawab memutuskan naskah yang akan diterbitkan di jurnal ACCOUNT. Kami berkomitmen bahwa pendapatan komersial tidak akan berdampak/ mempengaruhi keputusan editorial, tetapi keputusan didasarkan pada rekomendasi dari anggota dewan editor jurnal ACCOUNT dan reviewer.

  • Non-discrimination

Tim editor dan reviewer mengevaluasi naskah berdasarkan kualitas konten naskah, tanpa memperhatikan suku, ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama, kewarganegaraan, ataupun preferensi politik penulis.

  • Confidentiality

Editor, reviewer, dan staf editor tidak diperkenankan mengungkapkan informasi apapun terkait naskah yang sedang ditinjau kepada siapa pun, selain kepada penulis, reviewer, calon reviewer, tim editor, atau penerbit yang berhak. Konten naskah diperlakukan dengan sangat rahasia. Kecuali dengan editor, dewan anggota editor, dan reviewer, naskah tidak dapat didiskusikan dengan orang lain, termasuk penulis.

  • Disclosure & Conflict of Interest

Materi yang ada di dalam naskah yang tidak diterbitkan tidak boleh digunakan oleh anggota dewan editor dan atau reviewer untuk kepentingan penelitian mereka sendiri.

         

KODE ETIK REVIEWER:

  • Contribution to Editorial Decisions

Jurnal ACCOUNT menggunakan proses double blind review. Reviewer memberikan masukan kepada tim editor dalam memutuskan naskah yang layak diterbitkan di jurnal ACCOUNT. Tim editor membantu komunikasi antara reviewer dan penulis dalam rangka meningkatkan kualitas naskah penelitian mereka.

  • Promptness

Tim editor berkomitmen memberikan ulasan kepada penulis dengan tepat waktu. Jika reviewer tidak menyerahkan laporan tinjauannya tepat waktu, maka tim editor dapat segera mengalihkan naskah tersebut ke reviewer lain yang memenuhi persyaratan.

  • Standards of Objectivity

Editor dan reviewer mengevaluasi berdasarkan isi naskah. Reviewer memberikan komentar/ masukan dengan menjunjung tinggi sikap menghormati dan menghargai penulis. Reviewer perlu memberikan justifikasi dan rekomendasi pada keputusan yang akan diambil oleh editor.

  • Acknowledgement of Sources

Reviewer harus mengidentifikasi karya terbitan yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Pernyataan apapun yang dicantumkan di dalam naskah harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga perlu mengingatkan tim editor mengenai kesamaan atau ketumpangtindihan antara naskah yang sedang mereka review dengan naskah lain yang telah/ sedang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.

  • Disclosure and Conflict of interest

Informasi berharga atau ide yang reviewer peroleh dari proses peer review harus dijaga kerahasiaanya dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan sebuah naskah yang memiliki konflik kepentingan antara mereka dengan penulis/ lembaga/ perusahaan.

 

KODE ETIK PENULIS:

  • Reporting Standards

Penulis harus menyajikan data dan laporan secara akurat serta mencantumkan argument secara objektif. Naskah harus berisi informasi yang detail dan menggunakan referensi yang memadai sehingga memungkinkan orang lain mereplikasi penelitian tersebut. Mencantumkan pernyataan yang tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

  • Data Access and Retention

Penulis dapat diminta untuk memberikan data mentah penelitiannya oleh reviewer/ editor sehubungan dengan proses peninjauan naskahnya. Oleh karena itu, penulis harus siap dan bersedia memberikan data tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

  • Originality & Plagiarism

Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis dan dikirimkan adalah naskah asli. Jika penulis menggunakan karya dan atau kata-kata orang lain, maka penulis telah mengutip dengan cara sesuai kaidah penulisan akademik yang benar. Apabila ditemukan masalah plagiarism seluruh ataupun sebagian naskah, maka secara otomatis naskah akan ditolak.

  • Multiple, Redundant or Concurrent Publication

Ketika mengirimkan naskah ke redaksi jurnal ACCOUNT, penulis harus membuat dan menyertakan pernyataan tertulis bahwa naskah tersebut belum pernah diterbitkan dan atau sedang ditinjau oleh jurnal lain. Penulis tidak diperkenankan menyerahkan naskah yang sama ke jurnal lain selama naskah sedang ditinjau oleh jurnal ACCOUNT. Penyerahan naskah secara bersamaan dianggap tidak etis dan tidak dapat diterima. Penulis harus menunggu keputusan penolakan atau secara resmi meminta penarikan sebelum mengirimkan ke jurnal lain.

  • Acknowledgment of Source

Penulis harus mengutip seluruh publikasi yang dirujuk pada penelitian yang dibuat penulis saat itu sebagai pengakuan terhadap karya dan pekerjaan orang lain.

  • Authorship of the Paper

Kepenulisan (authorship) dibatasi hanya pada penulis yang memberikan kontribusi secara signifikan pada penelitian yang dilaporkan dalam naskah. Penulis yang berkorespondensi denga tim editor dan reviewer jurnal ACCOUNT memiliki tanggung jawab untuk menginformaikan rekan penulisnya (co-author) setiap perkembangan pada proses review yang berjalan. Jika naskah diterima, maka seluruh penulis wajib memberikan pernyataan yang ditandatangani bahwa penelitian tersebut merupakan murni hasil pekerjaan mereka.

Penulis harus mencantumkan nama seorang mahasiswa sebagai penulis utama pada publikasi naskah jika secara substansial naskah berasal dari skripsi/ tesis/ desertasi mahasiswa tersebut. Penulis yang menganalisis data dari orang lain harus secara eksplisit mengakui kontribusi peneliti awal tersebut

  • Hazards and Human or Animal Subjects

Peneliti memiliki tanggung jawab menjaga privasi, martabat, kesejahteraan, dan kebebasan subjek partisipan penelitian. Naskah yang melibatkan subjek manusia (survei, simulasi, wawancara, eksperimen) harus sesuai dengan persyaratan Human Subject Protocol yang relevan berlaku di institusi penulis.

Jika penelitian yang dilakukan melibatkan penggunaan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang berbahaya, penulis harus menyatakan dengan jelas di dalam naskah.

  • Disclosure and Conflicts of Interest

Penulis harus menghindari konflik kepentingan atau potensi konflik kepentingan selama proses penelitian karena dapat mempengaruhi hasil atau intepretasi naskah mereka. Oleh karena itu, penulis harus mengungkap secara tertulis semua sumber dukungan keuangan penelitian mereka, baik dari kelembagaan, swasta, atau perusahaan saat setelah penyerahan naskah dan jika diperlukan akan dipublikasikan bersamaan naskah tersebut. Apabila terdapat keraguan tentang suatu keadaan mengandung konflik kepentingan atau tidak, maka penulis harus menyampaikan kepada tim editor agar dapat dinilai signifikansinya.

  • Fundamental Errors in Published Works

Apabila penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan pada karya mereka yang diterbitkan, maka penulis berkewajiban untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama untuk mencabut dan atau memperbaiki naskah tersebut.

  • Confidentiality

Korespondensi berupa jurnal, laporan reviewer, dan atau materi rahasia lainnya tidak boleh diposting/ atau dipublikasikan di media manapun tanpa izin editor, terlepas naskah tersebut diterbitkan atau tidak.

  • Timeless

Penulis harus segera merevisi naskah mereka. Jika penulis tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang diberikan, penulis harus menghubungi redaksi jurnal ACCOUNT secepatnya untuk menentukan perpanjangan waktu yang disepakati, jika tidak dimungkinkan penarikan dari proses peninjauan.

  • Copyright law

Penulis harus memeriksa naskah mereka terhadap kemungkinan pelanggaran hukum hak cipta (misalnya: adanya kebutuhan izin untuk kutipan, karya seni/ table yang diambil dari publikasi orang lain) dan mengamankan izin yang diperlukan sebelum penyerahan dan publikasi naskah.

  • Publication charges

Jurnal ACCOUNT adalah open access journal (jurnal akses terbuka), maka redaksi tidak membebankan biaya kepada pembaca atau institusi untuk mengakses artikel-artikel di jurnal ACCOUNT. Tidak ada biaya untuk pengiriman, pemrosesan, penerbitan, atau reproduksi naskah.

  • Complaints
Setiap penulis yang mungkin memiliki keluhan terhadap berbagai aspek dari interaksi dengan tim editor jurnal ACCOUNT harus mengirimkan email ke Pemimpin Redaksi jurnal ACCOUNT, yaitu account@akuntansi.pnj.ac.id. Segala upaya akan dilakukan untuk menyelesaikan keluhan tersebut secara menyeluruh. Jika dibutuhkan, Pemimpin Redaksi juga akan berkonsultasi dengan editor lain terkait pengaduan tersebut.

 

Reviewer Guidelines

MENJADI REVIEWER JURNAL ACCOUNT

Keberhasilan jurnal ACCOUNT menerbitkan artikel ilmiah berkualitas bergantung pada dedikasi reviewer yang meninjau naskah-naskah yang masuk ke jurnal ACCOUNT secara adil dan tepat waktu. Tim editor dan reviewer memiliki tanggung jawab untuk memilih naskah yang orisinal, signifikan, dan berpengaruh untuk dipublikasikan di jurnal ACCOUNT. Tim editor dan reviewer memiliki keahlian di satu atau lebih bidang yang bersedia meluangkan waktu untuk meninjau naskah asli dan revisi hingga naskah layak diterbitkan. Tim editor juga meminta saran kepada reviewer mengenai keputusan editorial akhir untuk setiap naskah yang ditinjau. Melalui redaksi ini, tim editor jurnal ACCOUNT mengundang peneliti/ dosen/ praktisi yang berkualifikasi untuk menjadi reviewer jurnal ACCOUNT.

Jika Anda tertarik menjadi reviewer jurnal ACCOUNT, mohon kirim email kepada kami (account@akuntansi.pnj.ac.id) dengan menyertakan penjelasan singkat latar belakang, prestasi professional/ akademis, dan pengalaman Anda sebagai reviewer. Kami menantikan partisipasi Anda dan berharap dapat terus meningkatkan kualitas pada proses review jurnal ACCOUNT.


PANDUAN REVIEWER

Tanggung jawab Reviewer

Reviewer yang ditugaskan meninjau sebuah naskah memiliki bertanggung jawab untuk mengkritisi naskah tersebut dengan membaca dan mengevaluasi sesuai bidang keahliannya. Reviewer kemudian memberikan masukan yang konstruktif dan umpan balik jujur kepada penulis naskah tersebut. Reviewer juga membahas kekuatan dan kelemahan naskah tersebut, kemudian merekomendasikan cara untuk meningkatkan kekuatan dan kualitas naskah.

Sebelum meninjau naskah, reviewer harap memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Apakah artikel yang diminta untuk Anda review sesuai dengan keahlian Anda? Jika Anda mendapat naskah yang membahas topik yang bukan bidang keahlian Anda harap memberi tahu editor segera. Anda dapat merekomendasikan reviewer lain yang Anda nilai lebih sesuai dan berkompeten.
  2. Apakah Anda memiliki waktu untuk meninjau naskah tersebut? Proses review harus diselesaikan dalam waktu dua minggu sejak naskah dikirimkan. Jika Anda setuju artinya Anda berkomitmen untuk menyelesaikan proses review dengan tepat waktu. Apabila anda membutuhkan waktu lebih lama, Anda dapat menginformasikan secepatnya kepada tim editor.
  3. Apakah ada potensi konflik kepentingan? Konflik kepentingan tidak akan mendiskualifikasi Anda sebagai reviewer, namun mengungkapkan adanya potensi konflik kepentingan kepada tim editor sangat dianjurkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang potensi konflik kepentingan, silahkan menghubungi tim editor ACCOUNT.

Proses Review

Saat meninjau naskah, reviewer harap mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Judul, apakah judul menggambarkan isi artikel dengan jelas?
  2. Abstrak, apakah abstrak mencerminkan isi artikel?
  3. Pendahuluan, apakah pendahuluan menjelaskan masalah secara akurat? Pendahuluan harus merangkum konteks penelitian secara relevan dan menjelaskan temuan penelitian atau temuan lain untuk didiskusikan. Pendahuluan harus menjelaskan eksperimen/ hipotesis/ metode yang digunakan.

Isi Artikel

Untuk menentukan orisinalitas dan kesesuaian jurnal, apakah ada unsur plagiarism lebih dari 25%? Tim editor menggunakan alat pengecekan plagiarism, namun pencarian cepat jurnal ilmiah bisa digunakan untuk melihat apakah terdapat kesamaan dengan artikel lain yang sudah ada.

  1. Jika penelitian tersebut sudah pernah dilakukan oleh penulis lain, apakah naskah tersebut masih layak untuk dipublikasikan?
  2. Apakah topik penelitian tersebut terbilang baru, cukup mendalam, dan menarik untuk dipublikasikan?
  3. Apakah penelitian tersebut berkontribusi pada pengetahuan dan atau memberikan solusi praktis bagi bidang yang ditelitinya?
  4. Apakah naskah tersebut sesuai dengan standar jurnal ilmiah?
  5. Dalam hal cakupan penelitian, apakah naskah tersebut sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup jurnal ACCOUNT?

Metode

Saat meninjau metode penelitian, reviewer dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Apakah penulis menjelaskan secara akurat bagaimana data dikumpulkan?
  2. Apakah dasar teori atau referensi yang digunakan dalam memilih metode yang digunakan sesuai untuk penelitian tersebut?
  3. Apakah desain penelitian dan metode yang dipilih cocok untuk menjawab pertanyaan penelitian yang penulis kembangkan?
  4. Apakah penulis menjelaskan prosedur pengolahan data dengan baik?
  5. Adakah informasi di dalam naskah yang layak bagi Anda untuk mereplikasi penelitian tersebut?
  6. Apakah ada metode/ pendekatan baru yang digunakan? Jika ada, apakah penulis menjelaskannya dengan detail?
  7. Apakah cara pengambilan sampel sudah sesuai?
  8. Apakah alat dan bahan yang digunakan sudah dijelaskan secara memadai?
  9. Apakah penulis mendeskripsikan data dan pengukuran yang digunakan?

Hasil

Penulis harus menjelaskan temuan dalam penelitiannya yang disusun secara jelas, runut, dan logis. Reviewer perlu mempertimbangkan apakah analisis penulis sudah baik dan benar. Bagaimana pemanfaatan alat pengukuran statistic yang digunakan penulis? Jika Anda memiliki alat pengukuran statistic yang lebih baik, Anda dapat memberitahunya.

Kesimpulan & Diskusi

Saat meninjau kesimpulan dan diskusi, reviewer dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Apakah klaim di bagian kesimpulan didukung oleh hasil yang memadai dan masuk akal?
  2. Apakah penulis membandingkan hasil penelitiannya dengan hasil penelitian sebelumnya?
  3. Apakah hasil penelitian yang ditulis dalam naskah tersebut bertentangan dengan teori atau konsep yang ada?
  4. Apakah kesimpulan yang diberikan menjelaskan tindak lanjut penelitian tersebut di masa mendatang?
  5. Dalam praktek (studi kasus), apakah penulis menjelaskan situasi (tantangan atau peluang) di masa depan dan atau hal-hal yang dapat dipelajari dari kasus tersebut?

Tabel dan Gambar

Apakah sudah sesuai antara data table dan gambar yang diacu dengan penjelasannya? Apakah ilustrasi yang tercantum mudah ditelaah dan dipahami oleh pembaca?

Referensi

Gaya kutipan mengacu pada APA style. Secara detail dapat diperiksa cara sitasi sesuai APA style disini.

Tinjauan Akhir

Penulis harus kritis dalam hal tinjauan literatur dari masalah yang diteliti dan relevan dengan bidang studinya. Ulasan harus focus pada satu topik. Naskah harus dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Semua hasil review yang dikirimkan oleh reviewer bersifat rahasia. Jika Anda ingin mendiskusikan artikel dengan rekan kerja, mohon menghubungi tim editor terlebih dahulu. Dilarang menghubungi penulis secara langsung.

Terkait dengan isu kode etik, jika Anda mencurigai naskah tersebut sebagian besar adalah plagiarism dari penulis lain, harap menghubungi tim editor detailnya. Lebih lanjut, walaupun sangat sulit mendeteksi penipuan, namun jika Anda mencurigai hasil dalam artikel tersebut tidak benar, harap memberi tahu tim editor.

Selesaikan proses review sebelum tanggal jatuh tempo ke tim editor jurnal ACCOUNT. Rekomendasi Anda untuk naskah tersebut akan dipertimbangkan oleh tim editor dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan publikasi. Oleh karena itu, tanggapan jujur dari Anda sangat kami hargai.

Saat Anda menulis komentar, harap informasikan bagian komentar yang hanya ditujukan kepada tim editor dan bagian komentar yang dapat dikembalikan kepada penulis. Silahkan hubungi tim redaksi kami jika ada pertanyaan atau masalah yang mungkin Anda temui.